Media dan Propaganda

             Media massa adalah senjata paling ampuh sekaligus berbahaya, karena disitulah orang-orang atas yg mempunyai visi dan tujuan tertentu mampu menggunakannya sebagai senjata brainwash masyarakat, mempengaruhi opini dan pandangan publik terhadap suatu hal. Yang benar jadi salah, yang salah jadi benar, pembohong dipuja-puja, orang membawa kebenaran dicaci-maki. Pemrograman alam bawah sadar, penyebaran ideologi, budaya, dan hal-hal yg secara langsung mampu mempengaruhi perilaku masyarakat itu sendiri.
.
Sebelum era informasi terbuka atau sebelum era internet, masyarakat adalah komunikan pasif, tak ada umpan balik, masyarakat hanya bisa melongo didepan tv tanpa bisa bersuara, berfikir, maupun riset sendiri. media massa khususnya televisi menjadi konsumsi utama pada waktu itu di seluruh dunia, baik dari kalangan bawah, menengah, hingga atas. Karena selain murah, televisi menyajikan berbagai hiburan dalam bentuk gambar yg sangat digemari masyarakat.
Namun lewat media massa ini jugalah diselipkan secara tersirat maupun terang2an berbagai propaganda. Agar masyarakat melakukan apa yg diinginkan oleh penguasa.
.
Terutama adalah lewat tayangan berita. Tak semua lembaga berita itu independen memihak kepada kebenaran. Apalagi jika media tsb tujuannya adalah bisnis/profit. Pastinya dia akan memihak dan memberikan berita sesuai keinginan yg memberi komando lewat kucuran dana besar.
Yang banyak terjadi adalah dalam dunia politik. .
Di zaman ini, setiap orang memegang sumber pengetahuannya sendiri (internet & smartphone). Jika masih ada yg langsung percaya tentang suatu berita, maka dia kurang kritis dalam berfikir.
Termasuk memikirkan apa yg telah diajarkan selama ini tentang kosmologi heliosentris itu benar atau salah.
.
#Indonesian_flatearth_society


Comments

Popular posts from this blog

Panel Takipci VViP

cara membuat web phising lewat hp/pc

5 HP Android Terbaik Harga 500-ribuan!!